Nopan Dwi Gantara: Tidak Ada Kata ‘Instan’ dalam Berjualan Online

Di dunia internet, memang semua seperti serba cepat. Sekali click, halaman baru muncul. Namun, sepertinya ‘instan’ tidak berlaku bagi Nopan Dwi Gantara dalam menjalankan bisnis aksesori gadget-nya lewat www.TokoAcc.com. Apa yang ia peroleh sekarang merupakan hasil dari sebuah proses bertahap. Bukan sesuatu yang instan.

Nopan, begitu ia kerap disapa, menjual berbagai aksesori gadget, seperti casing silikon untuksmartphone, baterai, hingga car holder. Bisnis di dunia maya ini ia geluti sejak tahun 2011.

Semua produk aksesori gadget yang dijual oleh Nopan adalah produk orisinal, “Kalau yang orisinal ‘kanjelas (kualitas produknya). Termasuk garansinya. Sehingga kualitas pelayanan pun bisa tetap terjaga baik,” kata Nopan ketika ditemui Tim Netpreneur Indonesia, Selasa (31/07/2013) siang, di daerah Jakarta Timur.

Selain itu, produk-produk milik suami dari Hensalia ini dijajakan di beberapa tempat di internet, seperti forum jual beli, marketplace, dan juga situs toko online pribadi, http://www.TokoAcc.com. Nopan memiliki 255 jenis produk dan sudah melayani 25 sampai 30 transaksi dalam satu hari. Pencapaian ini bukan serta merta didapatkan secara instan, melainkan melalui proses yang bertahap.

Awal Bisnis Aksesori Gadget

Nopan mengawali bisnis di dunia maya sejak tahun 2010. Saat itu, Nopan hanya iseng mencarikan ponsel untuk teman-temannya dari sebuah forum jual beli. “Jadi, dulu iseng mencarikan HP untuk teman di forum-forum. Waktu itu masih booming Blackberry. Harga BB di luar masih mahal, tapi di forum murah. Lalu, coba saya beli, lalu dijual lagi,” papar Nopan.

Lalu, Nopan mulai menjual aksesori gadget. Awalnya, Nopan ingin memberikan kegiatan bagi istrinya selama di rumah. Sehingga kini Nopan dan istrinya berkolaborasi dalam menjalani bisnis ini.

Menemukan Pemasok

Dalam menemukan pemasok yang tepat, Nopan menghadapi beberapa rintangan. Laki-laki yang masih bekerja di sebuah perusahaan konsultan informasi dan teknologi ini  tak langsung bisa menemukan distributor resmi yang besar atau utama.

“Memang cari-cari (distributor) sendiri lewat Google. Ketemu. Tapi pertamanya tidak langsung keauthorized distributor utama. Tapi toko-toko besar. Jadi, yang memberi tahu siapa authorized distributor tertingginya ya si pegawai-pegawai toko itu. Sekarang saya langsung ambil ke distributor tertingginya,” Nopan menjelaskan.

Salah satu produk Nopan

Pada awal berjalannya bisnis aksesori gadget, Nopan tidak langsung stok banyak. Yakni, hanya dua buah untuk setiap satu tipe. Tapi, saat ini, Nopan memiliki stok dari setiap produk yang ia jual di dunia maya. Ia mengambil produk di distributor resmi setiap satu minggu sekali.

Melayani Pelanggan

Ditanya soal kendala yang paling banyak dihadapi, Nopan menjawab seputar pelanggan. Salah satunya, pelanggan yang tidak mau bekerja sama dengan dirinya soal proses pengiriman balik barang yang telah dibeli karena rusak atau ada bagian yang kurang.

“Misalnya ada barang yang rusak. Saya minta buyer untuk kirim balik (agar bisa ditukar). Tapi, kadang-kadang si buyer-nya tidak mau bayar ongkos kirim baliknya itu. Padahal, kalau dipikir-pikir, sebenarnya saja kalau dia beli di toko (fisik/offline). Dia ‘kan perlu mengeluarkan ongkos lagi untuk pergi ke toko tersebut,” jelas pria lulusan Universitas Gunadarma ini.

Walaupun begitu, meningkatkan pelayanan untuk pelanggan adalah salah satu cara Nopan untuk menghadapi kompetitor produk sejenis.

Punya Toko Fisik

Nopan memiliki sebuah target dalam beberapa tahun ke depan. Yakni, terus menjalankan bisnis aksesorigadget lewat internet dan membuka toko fisik sendiri di dekat tempat tinggalnya. Toko fisik ini akan ia jadikan sarana untuk cash-on-delivery (COD) dan sebagai kriteria untuk mendapatkan pelanggan yang ingin mengambil produk dalam jumlah besar (partai).

Selain itu, Nopan memiliki beberapa tips bagi teman-teman pemula yang baru ingin belajar berbisnis online.

“Kalau tips yang pertama sih jangan memikirkan untung ruginya terlebih dahulu sebenarnya. Karena, kebanyakan orang yang mau dagang itu takut. ‘Ini nanti laku gak ya? Laku gak ya?’. Jalani saja dulu. Lalu, terus meningkatkan pelayanan untuk pelanggan,” tutur Nopan.

***

SUMBER : http://netpreneur.co.id/nopan-dwi-gantara-tidak-ada-kata-instan-dalam-berjualan-online/#.UiS1n9Lrwl8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s